Minggu, 26 Oktober 2014
FORM PENILAIAN KINERJA GURU
LEMBAR PERNYATAAN KOMPETENSI,
INDIKATOR DAN CARA MENILAI
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/
MATA PELAJARAN
No.
|
Kompetensi
|
Cara
Menilai
|
|
A.
|
Pedagogik
|
||
1.
|
Menguasai karakteristik peserta
didik
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
|
2.
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
|
Pengamatan
|
|
3.
|
Pengembangan kurikulum
|
Pengamatan
|
|
4.
|
Kegiatan Pembelajaran yang
Mendidik
|
Pengamatan
|
|
5.
|
Memahami dan mengembangkan
potensi
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
|
6.
|
Komunikasi dengan peserta didik
|
Pengamatan
|
|
7.
|
Penilaian dan evaluasi
|
Pengamatan
|
|
B.
|
Kepribadian
|
||
8.
|
Bertindak sesuai dengan norma
agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
|
9.
|
Menunjukkan pribadi yang dewasa
dan teladan
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
|
10.
|
Etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, dan rasa bangga menjadi guru
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
|
C.
|
Sosial
|
||
11.
|
Bersikap inklusif, bertindak
objektif, serta tidak Diskriminatif
|
Pengamatan
& Pemantauan
|
|
12.
|
Komunikasi dengan sesama guru,
tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
|
Pengamatan
|
|
D.
|
Profesional
|
||
13.
|
Penguasaan materi struktur
konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Pengamatan
|
|
14.
|
Mengembangkan keprofesian
melalui tindakan reflektif
|
Pengamatan
|
Keterangan:
1.
Sumber
:
* Peraturan
Menteri Pendidikan Nasioanal Nomor 16
Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikas Akademik dan Kompetensi Guru.
* BSNP
versi 6.0. 11/2008 Kerangka indicator untuk pelaporan Pencapaian Standar
Nasional Pendidikan: Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
* Permenegpan
dan RB 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
2.
Cara
Menilai :
Ø
Pengamatan
adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui diskusi sebelum pengamatan,
pengamatan selama pelaksanaan proses pembelajaran, dan diskusi setelah
pengamatan.
Ø
Pemantauan
adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen, wawancara dengan guru yang dinilai, dan/atau
wawancara dengan warga sekolah.
1.
Menguasai karakteristik peserta
didik
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
1.
|
Guru dapat mengidentifikasi
karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
|
|||
2.
|
Guru memastikan bahwa semua
peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif
dalam kegiatan pembelajaran.
|
|||
3.
|
Guru dapat mengatur kelas untuk
memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan
kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
|||
4.
|
Guru mencoba mengetahui
penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku
tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
|
|||
5.
|
Guru membantu mengembangkan
potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
|
|||
6.
|
Guru memperhatikan peserta
didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas
pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan
(tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
|
|||
Total
Skor
|
||||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
||||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
||||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
2.
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
7.
|
Guru memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan
belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang
bervariasi.
|
|||
8.
|
Guru selalu memastikan tingkat
pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan
menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman
tersebut.
|
|||
9.
|
Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
|
|||
10.
|
Guru menggunakan berbagai
teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
|
|||
11.
|
Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan
pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
|
|||
12.
|
Guru memperhatikan respon
peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan
dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
|||
Total
Skor
|
||||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
||||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
||||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
3.
Pengembangan kurikulum
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
13.
|
Guru dapat menyusun silabus
yang sesuai dengan kurikulum
|
|||
14.
|
Guru merancang rencana
pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu
agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
|
|||
15.
|
Guru mengikuti urutan materi
pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
|
|||
16.
|
Guru memilih materi
pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan
mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik,
dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik.
|
|||
Total
Skor
|
||||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
||||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
||||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari membandingkan
hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
4.
Kegiatan
Pembelajaran yang Mendidik
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
17.
|
Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan
pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang
tujuannya.
|
|||
18.
|
Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik,
bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
|
|||
19.
|
Guru mengkomunikasikan
informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat
kemampuan belajar peserta didik.
|
|||
20.
|
Guru menyikapi kesalahan yang
dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan
semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui
terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan
jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
|
|||
21.
|
Guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik.
|
|||
22.
|
Guru melakukan aktivitas
pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan
mempertahankan perhatian peserta didik.
|
|||
23.
|
Guru mengelola kelas dengan
efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua
waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
|
|||
24.
|
Guru mampu menyesuaikan
aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
|
|||
25.
|
Guru memberikan banyak
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan
berinteraksi dengan peserta didik lain.
|
|||
26.
|
Guru mengatur pelaksanaan
aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar
peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
|
|||
27.
|
Guru menggunakan alat bantu
mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi
belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
|||
Total
Skor
|
||||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
||||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
||||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
5.
Memahami dan mengembangkan
potensi
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
28.
|
Guru menganalisis hasil belajar
berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk
mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
|
|||
29.
|
Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan
kecakapan dan pola belajar masing-masing
|
|||
30.
|
Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan
berfikir kritis peserta didik.
|
|||
31.
|
Guru secara aktif membantu
peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada
setiap individu.
|
|||
32.
|
Guru dapat mengidentifikasi
dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar
masing-masing peserta didik.
|
|||
33.
|
Guru memberikan kesempatan
belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
|
|||
34.
|
Guru memusatkan perhatian pada
interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan
menggunakan informasi yang disampaikan.
|
|||
Total
Skor
|
||||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
||||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
||||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
6.
Komunikasi
dengan peserta didik
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
35.
|
Guru menggunakan pertanyaan
untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk
memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab
dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
|
|
|
36.
|
Guru memberikan perhatian dan
mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa
menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi
pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
|
|
|
37.
|
Guru menanggapinya pertanyaan peserta
didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi
kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
|
|
|
38.
|
Guru menyajikan kegiatan
pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar pesertadidik.
|
|
|
|
39.
|
Guru mendengarkan dan
memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar
maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
|
|
|
|
40.
|
Guru memberikan perhatian
terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan
untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
7.
Penilaian dan evaluasi
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
41.
|
Guru menyusun alat penilaian
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu
seperti yang tertulis dalam RPP.
|
|
|
|
42.
|
Guru melaksanakan penilaian
dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang
dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta
didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan
akan dipelajari.
|
|
|
|
43.
|
Guru menganalisis hasil
penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan.
|
|
|
|
44.
|
Guru memanfaatkan masukan dari
peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya,
dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan
pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
|
|
|
|
45.
|
Guru memanfatkan hasil
penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan
selanjutnya.
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
8.
Bertindak sesuai dengan norma
agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
46.
|
Guru menghargai dan
mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi
semua warga Indonesia.
|
|
|
|
47.
|
Guru mengembangkan kerjasama
dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan
yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
|
|
|
|
48.
|
Guru saling menghormati dan
menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
|
|
|
|
49.
|
Guru memiliki rasa persatuan
dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
|
|
|
|
50.
|
Guru mempunyai pandangan yang
luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari membandingkan
hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
9. Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
51.
|
Guru bertingkah
laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta
didik, orang tua, dan teman sejawat
|
|
|
|
52.
|
Guru mau membagi
pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk
mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
|
|
|
|
53.
|
Guru mampu
mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta
didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
|
|
|
|
54.
|
Guru bersikap
dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
|
|
|
|
55.
|
Guru berperilaku
baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
10.
Etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, dan rasa bangga menjadi guru
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
56.
|
Guru mengawali dan mengakhiri
pembelajaran dengan tepat waktu
|
|
|
|
57.
|
Jika guru harus meninggalkan
kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait
dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi
kelas.
|
|
|
|
58.
|
Guru memenuhi jam mengajar dan
dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan
persetujuan pengelola sekolah.
|
|
|
|
59.
|
Guru meminta ijin dan
memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika
tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses
pembelajaran di kelas.
|
|
|
|
60.
|
Guru menyelesaikan semua tugas
administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang
ditetapkan.
|
|
|
|
61.
|
Guru memanfaatkan waktu luang
selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
|
|
|
|
62.
|
Guru memberikan kontribusi
terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif
terhadap nama baik sekolah.
|
|
|
|
63.
|
Guru merasa bangga dengan
profesinya sebagai guru.
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
11.
Bersikap inklusif, bertindak
objektif, serta tidak Diskriminatif
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
64.
|
Guru memperlakukan semua
peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan
masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
|
|
|
|
65.
|
Guru menjaga hubungan baik dan
peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif
terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
|
|
|
|
66.
|
Guru sering berinteraksi dengan
peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu
(misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama
dengan guru).
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
12.
Komunikasi dengan sesama guru,
tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
67.
|
Guru menyampaikan informasi
tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya,
baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua,
teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
|
|
|
68.
|
Guru ikut berperan aktif dalam
kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan
masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
|
|
|
|
69.
|
Guru memperhatikan sekolah
sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar,
serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
13.
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
70.
|
Guru melakukan pemetaan standar
kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk
mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu
yang diperlukan.
|
|
|
|
71.
|
Guru menyertakan informasi yang
tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
|
|
|
|
72.
|
Guru menyusun materi,
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat,
mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi
pembelajaran.
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
14.
Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
No.
|
Indikator
|
Tak terpenuhi
(Tidak bukti) |
Terpenuhi
sebagian |
Seluruhnya
terpenuhi |
73.
|
Guru melakukan evaluasi diri
secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
|
|
|
|
74.
|
Guru memiliki jurnal
pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses
pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
|
|
|
75.
|
Guru memanfaatkan bukti
gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
|
|
|
|
76.
|
Guru dapat mengaplikasikan
pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan
tindak lanjutnya.
|
|
|
|
77.
|
Guru melakukan penelitian,
mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar,
konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
|
|
|
|
78.
|
Guru dapat memanfaatkan TIK
dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|||
Skor
Maksimum = Jumlah Indikator X 2
|
|
|||
Prosentase
= Total Skor/12 X 100%
|
|
|||
Nilai Kompetensi (NK) adalah Nilai yang didapat dari
membandingkan hasil Prosentase dengan Acuan sbb.
Ø
0% < P ≤
25% = 1
Ø
25%
< P ≤ 50% = 2
Ø
50%
< P ≤ 75% = 3
Ø
75%
< P ≤ 100% = 4
|
|
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
Menu
Mengenai Saya
Total Tayangan Halaman
Link Penting
Entri Populer
-
ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA KELOMPOK KERJA PENGAWAS MADRASAH KABUPATEN CIAMIS
-
MUSYAWARAH KERJA POKJAWAS MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2015 Musyawarah Kerja Kelompok Kerja Pengawas (...
-
MERENCANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 Susuai dengan hasil kegiatan pemantapan Kurikulum 2013 bagi guru kelas I dan guru kelas ...
-
PEMANTAPAN KURIKULUM 2013 MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KABUPATEN CIAMIS TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Kepada Yth. Bapak/Ibu Kepala Madrasah ...
-
KEMENTERIAN AGAMA KELOMPOK KERJA PENGAWAS MADRASAH KANTOR KABUPATEN CIAMIS ...
-
LEMBAR PERNYATAAN KOMPETENSI, INDIKATOR DAN CARA MENILAI PENILAIAN KINERJA GURU KELAS/ MATA PELAJARAN No. Komp...
-
PMA No.2-2012 Pengawas Madrasah
-
KEMENTERIAN AGAMA KELOMPOK KERJA PENGAWAS MADRASAH (POKJAWASMAD) KANTOR KABUPATEN CIAMIS Alamat ...
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar